Mengapa beberapa merek berhasil di semua pasar besar dunia dan yang lainnya tidak?
Apa yang dapat dipelajari eksekutif dari keberhasilan dan kegagalan mereka dalam membangun dan mengelola merek global mereka?
Merek membantu konsumen di mana pun di dunia untuk menentukan produk atau layanan mana yang akan dipilih - formula bayi mana yang paling aman untuk bayi baru lahir kita, mobil mana yang memiliki airbag yang akan terinfluasi dengan baik, yang memiliki pengalaman yang kita butuhkan tanpa konflik kepentingan, atau yang mana excavator adalah yang paling tahan lama dengan garansi terbaik
Paling tidak ada tiga manfaat merk bagi konsumen:
Merek memudahkan pengambilan keputusan konsumen
Pertama, Otak manusia menyimpan pengetahuan dalam jaringan asosiasi yang sebagian besar diorganisir di sekitar merek. Jika Anda mengenali merek dan memiliki pengetahuan tentang itu, maka Anda dapat dengan mudah mengakses dan menggunakan pengetahuan produk terkait dalam pengambilan keputusan Anda.
Anda tidak perlu terlibat dalam pemikiran tambahan atau pemrosesan data untuk membuat keputusan pembelian. Tanpa merek, Anda perlu mempelajari setiap keputusan pembelian dan menganalisis detail produk keuntungan dan kerugiannya sebelum anda dapat memilih di antara mereka.
Kebanyakan orang tidak mau menghabiskan waktu ini dan upaya pembelian sehari-hari mereka. Misalnya, rata-rata, konsumen membutuhkan waktu empat hingga lima detik untuk membuat keputusan pembelian di supermarket.
Merek Mengurangi Risiko
Fungsi kedua dari merek adalah mengurangi risiko konsumen. Merek menandakan sumber atau pembuat produk.
Konsumen secara intuitif memahami hubungan antara merk dan kualitas produk dan menggunakan nama merek sebagai indikator kualitas produk. Hubungan antara nama merek yang kuat dan kualitas yang dirasakan adalah sedemikian rupa sehingga dapat memengaruhi penilaian konsumen bahkan jika konsumen benar-benar salah. Dalam satu studi tentang persepsi pelanggan, konsumen tidak dapat membedakan rasa dari sepuluh merek minuman ketika botol-botol itu tidak diberi label. Namun, ketika mereka bisa melihat label, mereka bisa membedakan flavors dari minuman tersebut.
Konsumen menggunakan nama merek terkenal untuk menyimpulkan kualitas produk; itu adalah mekanisme terpenting mereka untuk mengurangi risiko pembelian. Jika merek tidak memenuhi janjinya, jika perusahaan mengingkari kontrak tersirat dengan konsumen, maka konsumen akan merasa dikhianati, bahkan dilanggar; jadi melanggar bahwa mereka dapat menuntut perusahaan untuk iklan palsu, pernyataan merek yang menyesatkan, dan pelanggaran lainnya.
Sumber: Adweek
Merek Memberikan Keuntungan Emosional
Fungsi penting ketiga dari merek adalah untuk memenuhi kebutuhan emosional konsumen. Pemasar telah lama mengetahui bahwa konsumen dapat melampirkan makna emosional pada merek.
Manfaat emosional menjadi semakin penting. Ketika harga jatuh untuk hampir semua komoditas dan barang-barang yang diproduksi secara massal, persaingan nyata tidak terjadi di rak atau di halaman situs web tetapi di hati konsumen.
Singkatnya, merek memberikan nilai kepada konsumen dengan Mengurangi waktu, uang, dan beban kognitif dalam membuat keputusan pembelian; Mengurangi ketidakpastian konsumen dengan memberi sinyal kualitas dan mengidentifikasi sumber atau pembuat produk; dan Memberikan kepuasan emosional.
Referensi yang membahas tentang branding dapat diunduh disini
Comments
Post a Comment